Langsung ke konten utama

Hair Treatment

Disclaimer: postingan gak berbayar dan (akhirnya) publish biar ga susah cari review lengkap.

Masalah rambut rontok jadi isu yang cukup nyebelin. Beberapa tahun terakhir rontoknya makin parah karena rusak akibat hairstyling. Hairstyling? Iya, this is how i got me time: highlight, smoothing, curly, catok, apalagi kalau keramas pagi dan buru-buru ngator, harus pakai hairdryer. Aku aja yang merasa atau memang penggunaan hairdryer memperbanyak rontoknya? Saking banyaknya yang rontok dan rambut mulai menipis, aku mulai ganti shampoo H&S ke panten aqua(lagi), lalu pakai lidah buaya. Karena gak sabar, akhirnya memutuskan melakukan hair treatment di Erha. 

Kenapa Erha? Dari beberapa rekomendasi klinik ada 2 yang menurutku worth to try. Salah satu alasan klinik sebelah gak terpilih adalah karena lokasinya di Kebon Jeruk, jauh dari tempat tinggal ane sist~. Sedangkan, Erha ada dimana-mana, bahkan di Gading ada 2. Alasan lain adalah advertisement mas-mas yang wajahnya meyakinkan banget *canda deng
Disana, saat konsultasi dengan dokter, foto rambut dan cek kondisi. Kurang lebih dokter bilang begini,
"Normalnya, ada 3 batang rambut tebal yang tumbuh dalam 1 titik seperti ini (nunjuk ke monitor). Nah, yang hanya tumbuh 1 batang dan tipis ini perlu kita rawat. Proses perawatan biasanya 3-6 bulan."
Glek. Lama banget.
Berdasarkan assessment itu, dokter merekomendasikan 6 produk erhair dan red light therapy. Produk bisa dibeli semua atau sebagian, demi perawatan sukses aku membayar semuanya. Produknya:

1. Hairgrow Shampoo
Shampoo ini dijual bebas di apoteknya. Tadinya gak mau pakai shampoo ini karena dulu udah pernah pakai dan bikin rambut kusut. Tapi kata dokter tetep harus dicoba. Bayklah.

2. Hairgrow Serum
1 pax isinya 7 botol @8ml + 1 aplikator dan hanya dipakai selama 7 hari berturut-turut setelah keramas. 1 botol terlalu banyak untuk sekali pakai, tapiiii karena saran penggunaannya seperti itu akhirnya aku mengikuti petunjuk. Kalau berhemat-hemat serum tapi gak ngaruh sama aja bohong, jadi nurut saran aja -.-"

3. Hairgrow Tonic
Tonic baru bisa dipakai setelah keramas dan setelah penggunaan serum habis. Jadi, baru bisa dipakai di hari ke 8. Tonicnya berbeda dengan tonic yang dijual bebas. Racikannya berdasarkan rekomendasi dokter. Setelah disemprotkan ke area yg mengalami penipisan, kulit terasa dingin.

4. Scalp Gel
Gel bening seperti lidah buaya. Dioleskan ke rambut 30' sebelum keramas. Ku sering lupa ngolesin ini dan buru-buru ngantor :\

5. Follicore tablet
Tulisannya untuk perawatan dan membantu pertumbuhan rambut. Dijual bebas di apoteknya. Saat konsultasi, aku disarankan minum tablet. Sebelum diberi obat macem-macem aku menyampaikan kondisi maagh beberapa bulan terakhir. Akhirnya dokter menyarankan obat herbal. 

6. Skincore tablet
Beda dengan Follicore obat khusus rambut, tablet pro vit A to Zinc untuk memaksimalkan dan mempercepat perawatan. Tablet ini dijual bebas di apoteknya.

7. Red Light Therapy
Salah satu terapi untuk mengurangi kerontokan dan membantu pertumbuhan secara cepat. Terapi dilakukan 4 kali setiap minggu selama satu bulan, terapi dilakukan selama 20 menit 40 detik. Bulan pertama, aku gak ambil terapi ini karena gak yakin. Biayanya 200.000/terapi. 

Inilah yang ditunggu-tunggu, total biaya yang dikeluarkan untuk semua produk dan konsultasi adalah 1,2jt. Fiuh. Daaaaaan, semua produknya habis tiap bulan wkwkwk. Eh engga ding, scalp gel bisa 2 bulan (kalo keramasnya seperti aku, 2hari sekali XD).

Btw, udah hampir 3 bulan treatment. Next time akan cerita hasil konsultasi berikutnya~
Cheers
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Melahirkan

  Anindita Nadine Hafa. Dihadapkan pada situasi harus memilih melahirkan dengan metode SC atau induksi karena berat badan bayi di USG 3,2 di minggu 39. Prediksi di minggu 40 adalah 3,5. Sungguh besar untuk anak pertama. Sedangkan aku ingin melahirkan dengan normal. Selama ini berusaha agar bisa melahirkan dengan normal karena khawatir tidak bisa menjaga anak dengan kondisi pasca SC, mengingat aku harus merawat anak sendiri tanpa bantuan orang tua maupun baby sitter (belum punya). Namun, sejak masuk usia kandungan 9 bulan gak bisa jalan karena kaki kiri sakit. Tidak bisa jalan selama satu bulan, untung diijinkan WFH. Karena ada kondisi tersebut, kakak-kakak ipar merekomendasikan SC. Selama beberapa hari kepikiran, hari Senin berencana induksi jika tidak terjadi kontraksi. Sabtu malam, sembari nunggu Bayu pulang praktek di rumah mama mertua, kakak ipar merekomendasikan SC Eracs ala artis yg katanya painless dan cepat pulih. Sampai kakak ipar cek ke dokter di RS Siloam apakah bisa provide

Permainan

Sebenernya aku mendengar, tapi aku pura-pura. Hingga aku dipanggil dan oranglain mengulangi ucapanmu. Memastikan, benar kamu yang mengatakan. Aku menatapmu sambil tertawa. Seperti biasa. Sungguh, aku tak bisa berkata-kata. Aku hanya bisa pura-pura dan berpaling. Sejak tau bahwa kamu mulai berani bermain. Permainan yang tak bisa kuhindari. Yang harus aku hadapi. Tanpa tau siapa yang akan menang. Jika keduanya, semoga bahagia. Pojok Lt.2 Kantor, 14/03/19

WASIAT

Disela waktu mengerjakan skripsi begini , saya ingat beberapa tugas semester-semester muda dulu. Entah kenapa tugas-tugas dulu itu selalu asik apalagi tugas kerja kelompok. Bagaimanapun juga, sesulit-sulitnya tugas jaman dulu, menurut saya lebih menyenangkan daripada hanya mengerjakan tugas didepan laptop, dengan buku disamping kanan kiri, atau diperpus, dengan jumlah buku lebih banyak dikanan kiri saya, tanpa teman ngobrol, tanpa menggunakan skill lain kecuali ngetik. Its truly, definitely membosankan guys! Makanya saya sampai sempet nulis begini diwaktu merevisi BAB I dan II. Dan inilah beberapa tugas yang menurut saya tugas tugas yang menyenangkan dan justru materi kuliah bisa saya ingat sampai detik ini karena tugasnya seperti ini, membuat video! Video ini dibuat saat kuliah Communication cross culture. Gitulah, gayanya mata kuliah bahasa enggres dan kelasnya kelas enggres, dosennyapun lulusan Eropa, sayangnya selesai semester dua kuliah berbahasa Indonesia :D Video pertam