Senin, 21 Oktober 2013

Kontadiksi

Saya agak merasa berdosa karena kuliah di Ilmu Komunikasi. Kenapa begitu?
1. Ilmu Komunikasi sangat dekat dengan Media massa dan pers, yaiyalah!
2. Pers merupakan pilar ke-empat demokrasi. Artinya, pers sangat dekat dengan urusan demokrasi negara.
3. Media Massa sebagai pihak yang pantas disalahkan atas konstruksi sosial, diskriminasi sosial, rusaknya moral, kampanye partai, pendidikan buruk bagi anak, penghancur motivasi, ada yang mau ngelanjutin? dsb.
4. Saat ini ada banyak negara yang sedang bermasalah baik dengan kemiskinan, pemerintahannya, kerajaannya, dsb, dimana media massa lah pihak yang mampu menjadi tameng maupun jadi penghancur, iya kan? (Aslinya sih yang saya maksud Indonesia).

dan faktanya adalah, saya mahasiswa ilmu komunikasi, tau beberapa hal tentang komunikasi dan fenomena-fenomena sosial terutama fenomena komunikasi, tetapi saya gak bisa berbuat apapun untuk negara ini.
Kenapa? Ada apa? Apa yang salah? Bagaimana bisa terjadi?

Beberapa hari yang lalu saya engikuti salah satu diskusi tentang energi. Sejujurnya, saya tertarik dengan lingkungan, bukan dengan energinya. Tapi apabisa dikata? Energi mempunyai hubungan yang buruk dengan lingkungan dan lingkungan tak akan rusak karena energi. Pembelaannya, energi merupakan salah satu sumber APBN Indonesia, sumber kekayaan Indonesia, oh really?

Lalu hubungannya dengan komunikasi, media massa, energi dan lingkungan?

Satuhal, saya sudah mengakui bahwa saya tidak bisa andil di media massa meskipun saya mahasiswa komunikasi, kecuali satuhal, KAMPANYE! bukan kampanye partai -____-
Kampanye untuk menjaga merawat melestarikan lingkungan.

Dan keputusan terfatal saya sebagai aktivis greenliving dan Lingkungan hidup adalah, keinginan untuk bekerja di perusahaan tambang.

Kontradiksi, iya...bukannya saya gagal dibentuk oleh aktifitas saya dalam green campaign, tetapi ada alasan dibalik keinginan saya bekerja di pertambangan!
Akan saya jelaskan di postingan selanjutnya, apa yang diinginkan mahasiswa komunikasi yang concern di lingkungan ini berusaha masuk ke dua pertambangan :)

3 komentar:

  1. Follow aku dong di twitter.......@girl_nusantara #Please ya...^ ^

    BalasHapus
  2. wah, beneran kontradiksi sekarang yg lagi dijalanin sama yg diinginin...

    BalasHapus

Silakan berkomentar disini :)